Pengertian, Konsep, Jenis,Tujuan ,Contoh dan Pentingnya Pelayanan Prima

Tema Tulisan tentang : Pengertian, Konsep, Jenis,Tujuan ,Contoh dan Pentingnya Pelayanan Prima

lihat juga


Pengertian, Konsep, Jenis,Tujuan ,Contoh dan Pentingnya Pelayanan Prima

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas perihal pelayanan prima dalam pengelolaan usaha pada aspek pemasaran, pelayanan memang sangat diharapkan semoga pembeli merasa nyaman selain itu pelayanan juga mampu menyampaikan nilai plus bagi penjual tersebut kalau pelayanan tersebut baik dan bermanfaat untuk pembeli, untuk lebih lengkap nya silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Pada

Pengertian Pelayanan Prima

Pelayanan prima yaitu pelayanan yang sangat baik kepada pelanggan sehingga dapat menyebabkan rasa puas pelanggan. Untuk menunjang pelaksanaan pelayanan prima telah di kembangkan konsep Total Quality  Management (TQM), yaitu sistem administrasi yang menyangkut semua administrasi dan pegawai untuk memperbaiki kualitas serta kuantitas organisasi semoga kebutuhan, keinginan, dan cita-cita pelanggan terpenuhi.


Konsep Pengembangan Pelayanan Prima

1. Konsep Attitude (Sikap)

Calon pembeli selalu mengharapkan sikap dan perilaku yang baik dan menyenangkan dari pramuniaga semoga kepuasan pembeli dapat terpenuhi, serta kemungkinan besar pengalamannya disampaikan pada pihak lain yang kesudahannya menjadi promosi gratis bagi perusahaan.

Pelayanan berdasarkan sikap ini terdiri dari...
  1. Penampilan serasi (cara berhias, cara berbusana, dan raut muka).
  2. Berpikir positif (tidak mencari kesalahan pembeli, tidak apriori, dan melayani dengan hormat).
  3. Sikap menghargai (tutur bahasa baik, sikap sopan santun, mendengar saran dan mencatat pesanan, serta memenuhi kebutuhan dengan konsisten).

2. Konsep Attention (Perhatian)

Untuk menerima keinginan calon pembeli, penjual dapat menunjukkan perhatian dengan cara berkomunikasi yang menarik. Bentuk perhatian pelayanan ini yaitu...
  1. Mendengar dan memahami kebutuhan pelanggan.
  2. memperhatikan perilaku pelanggan.
  3. Mencurahkan perhatian penuh pada pelanggan.

3. Konsep Action (Kegiatan)

Dalam menghadapi pembeli tidak hanya berdasarkan sikap dan perhatian saja, tetapi harus diikuti tindakan. Bentuk pelayanan ini yaitu...
  1. Mencatat pesanan pelanggan.
  2. Mencari kebutuhan.
  3. Penegasan kembali pesanan.
  4. Mewujudkan kebutuhan pelanggan.
  5. Menyatakan terimakasih dengan cita-cita kembali membeli lagi.

Jenis-jenis Pelayanan Prima

Pelayanan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu...

1. Core Service

Core Service yaitu pelayanan yang ditawarkan kepada pelanggan yang merupakan produk utamanya, misalnya untuk hotel yaitu penyediaan kamar.

2. Facilitating Service

Facilitating Service yaitu kemudahan pelayanan plus kepada pelanggan, misalnya pelayanan front office pada hotel.

3. Supporting Service

Supporting service merupakan pelayanan komplemen atau pendukung untuk meningkatkan nilai pelayanan atau untuk membedakan dengan pelayanan-pelayanan dari pihak pesaingnya, misalnya hotel dan restoran pada satu tempat.


Pentingnya Pelayanan Prima

Suatu perusahaan yang ingin maju mengharapkan pelanggan untuk membeli barang atau jasanya dan tetap menjaga semoga pelanggan tetap membeli barangnya. Walaupun banyak perusahaan-perusahaan memperlihatkan produk yang bersaing, tetapi tujuannya yaitu menarik pelanggan yang sama.

Sebagian besar orang-orang menyampaikan pelayanan yang terbaik, sebaliknya suatu ketika kita mendapat pelayanan yang buruk. Pengalaman ini tidak menyenangkan dan menjadikan kita tidak suka untuk mengingatnya.

Jadi, pelayanan prima penting bagi perusahaan, pelanggan, dan staff perusahaan. Penting bagi perusahaan sebab dapat mempertahankan loyalitas pelanggan dan membantu untuk mencerahkan masa depan bisnisnya. Penting bagi pelanggan sebab menyampaikan kombinasi untuk mengambil keputusan dalam pembelian dan memilih produk, serta menjamin untuk memenuhi kebutuhan. Penting bagi staff perusahaan sebab akan menyampaikan pujian pada mereka, perusahaan, dan produknya.


Tujuan Pelayanan Prima

Tujuan pelayanan prima yaitu memuaskan atau sesuai dengan keinginan pelanggan. Untuk mencapai hal itu, diharapkan kualitas pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan/keinginan pelanggan.


Contoh Pelayanan Prima

  1. Pelayanan STNK dan BPKB di kantor kepolisian: suasana tertib, menggunakan nomor urut, petugas informasi, petunjuk atau cara terpampang, waktu penyelesaian terpampang, serta penyerahan dan pemeriksaan dokumen eksklusif ke loket. Pelayanan tersebar di beberapa tempat.
  2. Pelayanan di Bank: satpam menyapa, mengantar ke daerah yang dituju, diberi nomor antrean, teller menyapa nama pelanggan, dan menyampaikan senyuman.
  3. Pelanggan di swalayan: karyawan menyapa pelanggan yang datang untuk berbelanja dengan ciri khasnya, karyawan memperhatikan kebutuhan pelanggannya, perlindungan diskon untuk menari pelanggan.


Demikian artikel mengenai Pengertian, Konsep, Jenis,Tujuan ,Contoh dan Pentingnya Pelayanan Prima ini, semoga artikel ini mampu bermanfaat bagi semua orang.

Sumber http://materiku86.blogspot.com/


loading...

Demikianlah Artikel Pengertian, Konsep, Jenis,Tujuan ,Contoh dan Pentingnya Pelayanan Prima

Demikian artikel kamiPengertian, Konsep, Jenis,Tujuan ,Contoh dan Pentingnya Pelayanan Prima, Semoga apa yang anda baca bisa berguna dan di manfaatkan untuk semua kalangan dimanapun.

Anda sedang membaca artikel Pengertian, Konsep, Jenis,Tujuan ,Contoh dan Pentingnya Pelayanan Prima Url dari artikel kami adalah https://gratisbuatmumau.blogspot.com/2016/07/pengertian-konsep-jenistujuan-contoh.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
loading...