Download Silabus Bahasa Indonesia Kelas VII VIII dan IX Kurikulum 2013 Revisi 2017
Sahabat Dapodik | Salam Dapodik News.
Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia secara umum bertujuan semoga siswa bisa mendengarkan , membaca , memirsa (viewing) , berbicara , dan menulis. Kompetensi dasar dikembangkan berdasarkan tiga hal lingkup bahan yang saling bekerjasama dan saling mendukung pengembangan kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan berbahasa (mendengarkan , membaca , memirsa , berbicara , dan menulis) siswa. Kompetensi sikap secara terpadu dikembangkan melalui kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan berbahasa. Ketiga hal lingkup bahan tersebut yakni bahasa (pengetahuan perihal Bahasa Indonesia); sastra (pemahaman , apresiasi , jawaban , analisis , dan penciptaan karya sastra); dan literasi (perluasan kompetensi berbahasa Indonesia dalam banyak sekali tujuan , khususnya yang berkaitan dengan membaca dan menulis).
Silabus Bahasa Indonesia disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan semoga penyajiannya lebih efisien , tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang , serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) bahan dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide , desain , dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); bermakna (meaningfull); dan bermanfaat untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.
Silabus merupakan teladan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia semoga siswa bisa berbagi kepercayaan diri sebagai komunikator , pemikir (termasuk pemikir imajinatif) , dan menjadi warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi. Silabus ini bersifat fleksibel. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia secara leluasa dapat membina dan berbagi pengetahuan , keterampilan , dan sikap berkomunikasi yang dibutuhkan siswa dalam menempuh pendidikan , hidup di lingkungan sosial , dan berkecakapan di dunia kerja.
- 'Kerangka pengembangan kurikulum Bahasa Indonesia yakni sebagai berikut:pengembangan kompetensi kurikulum Bahasa Indonesia ditekankan pada kemampuan mendengarkan , membaca , memirsa (viewing) , berbicara , dan menulis. Pengembangan kemampuan tersebut dilakukan melalui banyak sekali teks. Dalam hal ini teks merupakan perwujudan kegiatan sosial dan memiliki tujuan sosial. Kegiatan komunikasi dapat berbentuk goresan pena , ekspresi , atau multimodal (teks yang menggabungkan bahasa dan cara/media komunikasi lainnya ibarat visual , suara , atau ekspresi sebagaimana disajikan dalam film atau penyajian komputer);
- kompetensi dasar yang dikembangkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dimaksudkan untuk berbagi kemampuan siswa dalam mendengarkan , membaca , memirsa (viewing) , berbicara , dan menulis. Untuk mencapai kompetensi tersebut siswa melaksanakan kegiatan berbahasa dan bersastra melalui kegiatan ekspresi dan tulis , cetak dan elektronik , laman tiga dimensi , serta citra visual lain;
- lingkup bahan mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I-XII merupakan pembagian terstruktur mengenai 3 lingkup materi: bahasa , sastra , dan literasi; dan
- teks dalam pendekatan berbasis genre bukan diartikan - istilah umum -sebagai goresan pena berbentuk artikel. Teks merupakan perwujudan kegiatan sosial dan bertujuan sosial , baik ekspresi maupun tulis.
Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan sintesis dari tiga pendekatan , yaitu pedagogi genre , saintifik , dan Content and language integrated learning (CLIL). Alur utama model yakni pedagogi genre dengan 4M (Membangun konteks , Menelaah Model , Mengonstruksi Terbimbing , dan Mengonstruksi Mandiri). Kegiatan menerima pengetahuan (KD-3) dilakukan dengan pendekatan saintifik 5M (Mengamati , Mempertanyakan , Mengumpulkan Informasi , Menalar , dan Mengomunikasikan). Pengembangan keterampilan (KD-4) dilanjutkan dengan langkah mengonstruksi terbimbing dan mengonstruksi mandiri.
Kegiatan Pembelajaran pada silabus ini hanya merupakan model yang menunjukkan wangsit kepada guru untuk berkreasi sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar. Guru dapat memperkaya dan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan dan siswa. Guru diharapkan dapat mengaitkan dengan lingkungan dan budaya di sekitarnya dan konteks global.
Dalam pembelajaran , guru dapat menggunakan teknologi informasi untuk mengakses banyak sekali sumber berguru dalam banyak sekali bentuk informasi untuk memperkaya pembelajaran siswa dalam memperkuat penguasaan kompetensi.
loading...
Demikianlah Artikel Download Silabus Bahasa Indonesia Kelas VII VIII dan IX Kurikulum 2013 Revisi 2017
Demikian artikel kamiDownload Silabus Bahasa Indonesia Kelas VII VIII dan IX Kurikulum 2013 Revisi 2017, Semoga apa yang anda baca bisa berguna dan di manfaatkan untuk semua kalangan dimanapun.