Download Silabus Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti SMP Kelas VII VIII & IX Kurikulum 2013 Revisi 2017
Sahabat Dapodik | Salam Dapodik News.
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti berfokus pada pembentukan huruf siswa menuju langsung yang luhur mulia (Junzi). Sebagaimana dikatakan Nabi Kongzi , bahwa mendidik berarti menumbuhkan sifat-sifat baik , dan menolong dari kekhilafan.
Dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila , perlu menjadi sarana utama pembudayaan nilai-nilai pemersatu (perekat) bangsa. Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti tidak terbatas pada pengetahuan secara verbal saja , namun juga harus dilaksanakan melalui adaptasi , refleksi , dan aktualisasi diri siswa dalam pembelajaran intrakurikuler , ekstrakurikuler , dan pembudayaan nilai-nilai adat atau huruf di sekolah. Proses pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti bukan sekedar menghafalkan informasi mengenai fakta , konsep , dan prinsip-prinsip agama saja , melainkan sebagai pemaknaan terhadap pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari. Makna-makna yang diajarkan agama tersebut akan menjadi pengarah dan pengendali perilaku siswa sehari-hari.
Kompetensi , bahan , dan pembelajaran Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti dikembangkan melalui pertimbangan kepentingan hidup bersama secara hening dan harmonis (to live together in peace and harmony). Pembelajaran dilaksanakan berbasis acara pada kegiatan intrakurikuler , kokurikuler , dan ekstrakurikuler. Penumbuhan dan pengembangan sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran , adaptasi , keteladanan , dan pembudayaan untuk membuatkan huruf siswa lebih lanjut. Sekolah sebagai taman yang menyenangkan untuk tumbuh berkembangnya pengetahuan , keterampilan , dan sikap siswa yang menempatkan pengetahuan sebagai perilaku (behavior) , tidak hanya berupa hafalan atau verbal.
dimana Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran , yakni menggunakan pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati , mengamati , menanya , menalar , mencoba , membentuk jejaring untuk semua mata pelajaran.
Pendekatan saintifik ini sangat sejalan dengan apa yang diajarkan Nabi Kongzi ihwal pendekatan berguru sebagaimana tersurat dalam kitab Zhongyong Bab XIX pasal 19. “Banyak-banyaklah belajar; pandai-pandailah bertanya; hati-hatilah memikirkannya; dan sungguh-sungguhlah melaksanakannya.”
Banyak-banyaklah berguru (Mengamati) Pandai-pandailah bertanya (Menanya) Hati-hatilah memikirkannya (Menalar/eksplorasi) Jelas-jelaslah menguraikannya (Mengasosiasi) Sungguh-sungguhlah melaksanakannya (Mengomunikasikan)
Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan semoga penyajiannya lebih efisien , tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang , serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) bahan dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara wangsit , desain , dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapaiannya (measurable) , dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.
Silabus ini merupakan contoh bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran semoga siswa bisa mempraktikkan pemikiran agama Khonghucu dengan melaksanakan adaptasi , penghayatan , dan pengamalan dalam kehidupan sehari-hari.
Silabus ini bersifat fleksibel , kontekstual , dan menawarkan kesempatan kepada guru untuk membuatkan dan melaksanakan pembelajaran , serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut , komponen silabus mencakup kompetensi dasar , bahan pembelajaran , dan penilaian. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat membuatkan banyak sekali model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru dibutuhkan kreatif dalam pengembangan bahan , pengelolaan proses pembelajaran , penggunaan metode dan model pembelajaran , yang diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan siswa.
loading...
Demikianlah Artikel Download Silabus Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti SMP Kelas VII VIII & IX Kurikulum 2013 Revisi 2017
Demikian artikel kamiDownload Silabus Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti SMP Kelas VII VIII & IX Kurikulum 2013 Revisi 2017, Semoga apa yang anda baca bisa berguna dan di manfaatkan untuk semua kalangan dimanapun.