Download Silabus Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Kelas VII VIII dan IX Kurikulum 2013 Revisi 2017
Sahabat Dapodik | Salam Dapodik News.
Mata pelajaran Bahasa Inggris untuk jenjang pendidikan SMP/MTs bertujuan berbagi potensi siswa biar memiliki kompetensi komunikatif dalam teks interpersonal , transaksional , dan fungsional , dengan menggunakan aneka macam teks berbahasa Inggris mulut dan tulis. Melalui penggunaan teks-teks tersebut , siswa dibimbing untuk menggunakan pengetahuan faktual , konseptual , dan prosedural , serta menanamkan nilai-nilai luhur abjad bangsa , dalam konteks kehidupan di lingkungan rumah , sekolah , dan masyarakat
Dimana pengajaran bahasa Inggris berfokus pada peningkatan kompetensi siswa untuk mampu
menggunakan bahasa tersebut dalam mencapai tujuan komunikasi di aneka macam konteks , baik mulut maupun tulis. Salah satu pendekatan yang berfokus pada peningkatan kompetensi siswa untuk menggunakan bahasa yang dipelajarinya dalam aneka macam tujuan komunikasi ialah pengajaran berbasis teks. Pembelajaran ini ialah pembelajaran yang mengacu pada fungsi bahasa dan penggunaannya , yang merupakan satu kesatuan makna baik mulut maupun tulis. Adapun yang dimaksud dengan teks ialah kesatuan makna yang dapat terdiri atas satu kata menyerupai kata ‘stop’ dipinggir jalan , satu frase ‘no smoking’ , satu kalimat berupa pengumuman hingga satu buku. Dengan demikian , pembelajaran berbasis genre sangat relevan untuk diterapkan.
Teks dipelajari bukan sebagai sasaran final , tetapi sebagai alat untuk melaksanakan aneka macam acara dalam kehidupan nyata. Pada tingkat dasar ini , bahan latih terdiri atas teks-teks pendek dan sederhana. Pembelajaran dirancang untuk menawarkan pengalaman dalam menggunakan teks-teks berbahasa Inggris untuk memahami dan menerapkan pengetahuan faktual , konseptual , dan prosedural terkait fenomena dan kejadian tampak mata , melalui kegiatan berbicara , menyimak , membaca , dan menulis dalam ranah konkret. Penggunaan teks juga bertujuan untuk berbagi sikap menghargai dan menghayati nilai-nilai agama dan sosial , termasuk perilaku jujur , disiplin , tanggungjawab , peduli (toleransi , gotong royong) , santun , percaya diri , dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Perlu diketahui bahwa pembelajaran bahasa Inggris berbasis teks mendukung pembelajaran pada mata pelajaran lain dalam kurikulum. Misalnya , pembelajaran teks deskriptif akan berbagi kemampuan siswa antara lain pada mata pelajaran Seni Budaya untuk mempromosikan wisata di Indonesia. Selain itu , pembelajaran jenis teks lain akan membantu siswa dalam memperluas wawasan keilmuannya perihal bahan dalam mata pelajaran lain dalam skala internasional.
dan secara umum kompetensi Bahasa Inggris ialah kemampuan berkomunikasi dalam tiga
jenis wacana , (1) interpersonal , (2) transaksional , dan (3) fungsional , secara mulut dan tulis , pada tataran literasi informasional , untuk melaksanakan fungsi sosial , dalam konteks kehidupan personal , sosial budaya , akademik , dan profesi.
Silabus Mata Pelajaram Bahasa Inggris Kelas VII , VIII dan IX disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan biar penyajiannya lebih efisien ,tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang , serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) bahan dan kompetensinya.
Penyusunan silabus Mata Pelajaram Bahasa Inggris Kelas VII , VIII dan IX dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ilham , desain , dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.
Dimana silabus Mata Pelajaram Bahasa Inggris Kelas VII , VIII dan IX merupakan teladan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran bersifat fleksibel , kontekstual , dan menawarkan kesempatan kepada guru untuk berbagi dan melaksanakan pembelajaran , serta mengakomodasi keunggulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut , komponen silabus mencakup kompetensi dasar , bahan pembelajaran , dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat berbagi aneka macam model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran.
Dalam melaksanakan silabus ini guru diperlukan kreatif dalam pengembangan bahan , pengelolaan proses pembelajaran , penggunaan metode dan model pembelajaran , yang diadaptasi dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan siswa.
loading...
Demikianlah Artikel Download Silabus Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Kelas VII VIII dan IX Kurikulum 2013 Revisi 2017
Demikian artikel kamiDownload Silabus Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Kelas VII VIII dan IX Kurikulum 2013 Revisi 2017, Semoga apa yang anda baca bisa berguna dan di manfaatkan untuk semua kalangan dimanapun.