Guru Diminta Mengajarkan Etika Di Medsos

Tema Tulisan tentang : Guru Diminta Mengajarkan Etika Di Medsos

lihat juga


Guru Diminta Mengajarkan Etika Di Medsos


Saat menghadiri pada Puncak Peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun ke-71 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Minggu, 27 November 2016 siang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung perkembangan budaya saling menghujat yang dilakukan di media sosial.

Etika Medsos

Presiden mengakui, pada abad keterbukaan ketika ini perkembangan di sosial media tidak dapat dihambat dengan cara apapun. Satu-satunya jalan yang mampu dilakukan, menurut Presiden, yaitu mengisi bawah umur Indonesia dengan langsung dan huruf dan nilai-nilai ke-Indonesia-an.

Menurut Presiden, dalam sebulan ini bahan pembicara di media umum lebih banyak saling menghujat, menjelekkan, dan memaki antar anak bangsa yang menurutnya bukan tata nilai Indonesia.

“Menghujat, saling menjelekkan, saling memaki, fitnah-fitnah, sabung domba, ada semua di media umum kita. Ini yaitu peran Bapak dan Ibu guru untuk memberitahu kepada anak asuh kita alasannya yaitu nilai-nilai ke-Indonesia-an kita bukan itu,” tegas Presiden.

Presiden Jokowi juga meminta para guru berhati-hati terhadap kemungkinan adanya infiltrasi ajaib masuk ke negara Indonesia dengan cara melemahkan dan memecah belah bangsa ibarat itu. Presiden menilai guru memiliki peran sentral untuk memberikan mengenai etika berinternet dan sopan santun dalam memberikan sesuatu di media sosial.

“Terutama untuk anak yang mulai menginjak ke SMP, menginjak ke SMA/SMK, biar diberitahu etika berinternet, netiquette, sopan santun dalam memberikan sesuatu di media sosial, ini penting sekali,” ujarnya.

Presiden berpesan kepada para guru biar anak didiknya diajak bermedia sosial dengan santun dan tata nilai etika yang baik serta mengajak ke hal-hal yang nyata dan positive thinking. “Itulah nilai-nilai ke-Indonesia-an kita,” tegasnya. (*)
Sumber https://jetjetsemut.blogspot.com


loading...

Demikianlah Artikel Guru Diminta Mengajarkan Etika Di Medsos

Demikian artikel kamiGuru Diminta Mengajarkan Etika Di Medsos, Semoga apa yang anda baca bisa berguna dan di manfaatkan untuk semua kalangan dimanapun.

Anda sedang membaca artikel Guru Diminta Mengajarkan Etika Di Medsos Url dari artikel kami adalah https://gratisbuatmumau.blogspot.com/2017/10/guru-diminta-mengajarkan-etika-di-medsos.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
loading...