Skenario Materi/Pembelajaran PLPG 2017

Tema Tulisan tentang : Skenario Materi/Pembelajaran PLPG 2017

lihat juga


Skenario Materi/Pembelajaran PLPG 2017

Dalam PLPG tahun 2017 ini agak berbeda dengan dikala PLPG 2016 dimana ada embel-embel beberapa bahan terkait dengan proses sebelum PLPG yakni proses pembekalan/prakondisi PLPG.
Berikut ini skenario pembelajaran PLPG 2017 secara lengkap.


1. Materi Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (6 JP)
Materi ini meliputi: (1) guru profesional (Standar Kompetensi Guru); (2) penilaian kinerja guru (PKG); (3) pengembangan diri; (4) guru pembelajar; (5) literasi; (6) tabiat profesi; dan (7) wawasan Penelitian Tindakan Kelas. Pembelajaran berpusat pada penerima didik, dengan pendekatan saintifik. Materi dikemas dan
disampaikan secara menarik, mudah dipahami, bisa mendorong terjadinya interaksi pembelajaran yang saling menghargai dan dapat mengoptimalkan potensi penerima didik.
Skenario pembelajaran KPPG ialah sebagai berikut.
a. Instruktur memberikan tujuan pembelajaran, apersepsi dan tentang yang berupa kasus/fenomena untuk merangsang penerima didik untuk bertanya dan berargumentasi.
b. Instruktur memfasilitasi penerima didik untuk berdiskusi dan menggali informasi melalui aneka macam sumber dan media belajar. 
c. Instruktur membimbing penerima dalam mengolah/menganalisis/mengasosiasi informasi menjadi bermakna dan dapat mengomunikasikannya kepada orang lain.

2. Presentasi Laporan Prakondisi (6 JP)
Presentasi laporan prakondisi bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional penerima sebagai hasil dari berguru mampu bangun diatas kaki sendiri sumber berguru pedagogik dan bidang studi. Disamping itu, presentasi laporan prakondisi  juga dapat menjadi ajang penerima dalam mempertanggungjawabkan (akuntabilitas) pelaksanaan prakondisi termasuk laporan yang disusun. Presentasi laporan prakondisi dilaksanakan dalam kelompok yang terdiri atas 10 penerima (dalam kondisi tertentu jumlah kelompok dapat disesuaikan) dengan difasilitasi oleh satu orang instruktur yang memiliki NRI PLPG yang relevan. Secara teknis presentasi laporan prakondisi dilaksanakan dengan ramburambu
sebagai berikut.

a. Bobot presentasi laporan prakondisi 6 JP sehingga tersedia durasi waktu selama  300 menit untuk setiap kelompok yang berjumlah 10 orang peserta.
b. Seiap penerima diberikan waktu presentasi selama 20 menit.
c. Peserta mempresentasikan secara ringkas isi laporan yang telah disusun yang meliputi ringkasan, bahan penting atau esensial tetapi tidak ada di dalam sumber belajar, bahan yang tidak penting (tidak perlu) tetapi ada di dalam sumber belajar, dan balasan soal uraian.
d. Instruktur menunjukkan balikan atau komentar dan menunjukkan penilaian dengan menggunkan format yang telah disediakan.

Pendalaman Materi Bidang Studi (28 JP)
Materi  yang diberikan diubahsuaikan dengan kemampuan awal  penerima yang dapat diketahui melalui pertanyaan penjajagan oleh instruktur. Instruktur perlu memperhatikan bahan yang relevan dengan kisi-kisi PLPG 2016 melalui pembelajaran dengan aneka macam model pembelajaran antara lain discovery learning, inquiry learning, problem based learning, dan/atau project based learning.
Skenario pembelajarannya sebagai berikut.
a. Instruktur memfasilitasi penerima untuk mengidentifikasi bahan dari kisi-kisi PLPG yang dianggap sulit, baik dalam memahami maupun cara mengajarkannya selama mereka menjadi guru.
b. Instruktur memfasilitasi penerima didik dalam merumuskan permasalahan yang relevan dengan bahan yang sulit melalui penayangan video, gambar, diagram, atau objek lain yang relevan.
c. Instruktur memfasilitasi dalam menggali informasi untuk menemukan alternatif solusi dalam pemecahan masalah.
d. Instruktur memfasilitasi pembelajaran kolaboratif melalui kerja kelompok dan penerima didik mempresentasikan hasil kerja kelompok secara lisan/poster/unjuk kerja/gesture.
e. Instruktur melaksanakan konfirmasi/penguatan terhadap hasil kerja dan diskusi kelompok.
f. Instruktur menunjukkan tugas-tugas mampu bangun diatas kaki sendiri untuk bahan yang memerlukan pendalaman lebih lanjut.

Pendalaman Materi Pedagogik (8 JP)
Pendalaman bahan pedagogik mencakup: (1) pengenalan huruf dan pengembangan potensi penerima didik; (2) teori berguru dan model pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa; (3) pengembangan kurikulum; dan (4) penilaian pembelajaran. Pembelajaran diawali dengan pertanyaan penjajagan oleh instruktur. Instruktur perlu memperhatikan bahan yang relevan dengan kisi-kisi PLPG 2016 melalui pembelajaran dengan aneka macam model pembelajaran antara lain discovery learning, inquiry learning, problem based learning, dan/atau project based learning.

Skenario pembelajarannya sebagai berikut.
a. Instruktur memfasilitasi penerima untuk mengidentifikasi  problematika pembelajaran yang terkait dengan bahan kisi-kisi PLPG yang dianggap sulit, baik dalam memahami maupun cara mengajarkannya selama mereka menjadi guru melalui
penayangan video pembelajaran, gambar, tentang atau objek lain yang relevan.
b. Instruktur memfasilitasi penerima didik dalam merumuskan permasalahan yang relevan.
c. Instruktur memfasilitasi dalam menggali informasi untuk menemukan alternatif solusi dalam pemecahan masalah. 
d. Instruktur memfasilitasi pembelajaran kolaboratif melalui kerja kelompok dan penerima didik mempresentasikan hasil kerja kelompok secara lisan/poster/unjuk kerja/gesture.
e. Instruktur melaksanakan konfirmasi/penguatan terhadap hasil kerja dan diskusi kelompok.
f. Instruktur menunjukkan tugas-tugas mampu bangun diatas kaki sendiri untuk bahan yang memerlukan pendalaman lebih lanjut.


Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran (30 JP)

Dalam pelaksanaan workshop, setiap rombel (misalnya 30 peserta) difasilitasi oleh 2 (dua) orang instruktur yang memiliki NRI. Aktifitas workshop berupa pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan hasil analisis KD tertentu. Dalam pengembangan perangkat tersebut instruktur harus mengarahkan penerima biar merujuk pada sumber belajar. Workshop pengembangan perangkat pembelajaran merupakan satu kesatuan yang utuh. Setiap penerima wajib berbagi masing masing 2 (dua) set RPP untuk digunakan dalam praktik pembelajaran (peerteaching) dan ujian praktik.


Praktik Pembelajaran dalam Bentuk Peer Teaching (10 JP)

Praktik pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk peer teaching/peer guidance and counseling. Peer teaching/peer guidance and counseling dilaksanakan dalam kelompok yang terdiri atas 10 penerima (dalam kondisi tertentu jumlah kelompok peer teaching/peer guidance and counseling dapat disesuaikan) dengan difasilitasi oleh satu orang instruktur yang memiliki NRI PLPG yang relevan.
Rambu-rambu praktik pmbelajaran secara umum sebagai berikut.
a. Lama waktu untuk setiap penerima melaksanakan praktik ialah 1 JP atau selama 50 menit.
b. Peserta dalam rombel dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil, setiap kelompok terdiri dari 10 peserta, selanjutnya setiap kelompok kecil melaksanakan hal-hal berikut.
c. Setiap penerima tampil dua kali, tampilan pertama merupakan latihan dan pada tampilan kedua merupakan ujian praktik atau ujian kinerja.
Buku 3 Sergur Rambu-rambu PLPG 2017
Sumber https://jetjetsemut.blogspot.com


loading...

Demikianlah Artikel Skenario Materi/Pembelajaran PLPG 2017

Demikian artikel kamiSkenario Materi/Pembelajaran PLPG 2017, Semoga apa yang anda baca bisa berguna dan di manfaatkan untuk semua kalangan dimanapun.

Anda sedang membaca artikel Skenario Materi/Pembelajaran PLPG 2017 Url dari artikel kami adalah https://gratisbuatmumau.blogspot.com/2017/10/skenario-materipembelajaran-plpg-2017.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
loading...