4 Poin Ini Harus Muncul di RPP K-13 Revisi Terbaru

Tema Tulisan tentang : 4 Poin Ini Harus Muncul di RPP K-13 Revisi Terbaru

lihat juga


4 Poin Ini Harus Muncul di RPP K-13 Revisi Terbaru

4 Poin Ini Harus Muncul di RPP K-13 Revisi Terbaru
RPP Kurikulum 2013 (K13) edisi revisi terbaru harus memunculkan macam point yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 (K-13) edisi revisi yang terbaru harus memunculkan dan menginsert empat macam poin. RPP K-13 atau kurtilas edisi revisi tahun 2017 itu harus memunculkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, keterampilan periode 21, dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

Dibutuhkan kreatifitas tenaga pendidik atau guru untuk membuat RPP K-13 yang memunculkan keempat poin di atas sehingga menjadi RPP yang utuh dan baik. Yang terbaru dalam menyusun RPP K-13 ialah mengintergrasikan PPK didalam pembelajaran dan mengintegrasikan literasi dalam RPP baik sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran.

4 Poin yang Harus Dimunculkan di RPP K-13

1. Gerakan PPK

Dalam RPP perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan aneka macam acara dan kegiatan pendidikan huruf yang sudah dilaksanakan hingga sekarang. Pengintegrasian tersebut antara lain:
  • Pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
  • Pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  • Pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;

Perdalaman dan perluasan dapat berupa:
  • Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan huruf siswa,
  • Penambahan dan penajaman kegiatan berguru siswa, dan pengaturan ulang waktu berguru siswa di sekolah atau luar sekolah;
  • Penyelerasan dapat berupa penyesuaian peran pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.

Maka tidak mungkin lagi menggunakan metode atau pendekatan yang berpusat kepada guru. Yang digunakan ialah Active Learning, yaitu guru perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Khusus untuk PPK merupakan acara yang rencananya akan diadaptasi dengan 5 hari berguru atau 8 jam sehari sedangkan Sabtu dan Minggu merupakan pendidikan keluarga (libur).

2. Gerakan Literasi Sekolah (GLS)

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) ialah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui aneka macam acara antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. GLS merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menyebabkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).

3. Keterampilan periode 21 dengan 4C

Keterampilan periode 21 mencangkup Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation (4C). Inilah yang bersama-sama ingin dituju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, periode di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan periode 21 sangat penting, 4C ialah jenis soft skill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hard skill.

4. Higher Order of Thinking Skill (HOTS)

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) ialah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya hingga metakognitif yang mensyaratkan akseptor didik bisa untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan.

Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek atau elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan atau ide-ide.
Sumber http://www.sekolahdasar.net


loading...

Demikianlah Artikel 4 Poin Ini Harus Muncul di RPP K-13 Revisi Terbaru

Demikian artikel kami4 Poin Ini Harus Muncul di RPP K-13 Revisi Terbaru, Semoga apa yang anda baca bisa berguna dan di manfaatkan untuk semua kalangan dimanapun.

Anda sedang membaca artikel 4 Poin Ini Harus Muncul di RPP K-13 Revisi Terbaru Url dari artikel kami adalah https://gratisbuatmumau.blogspot.com/2017/11/4-poin-ini-harus-muncul-di-rpp-k-13.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
loading...