Guru yang Sudah Sertifikasi Wajib di Sekolah 8 Jam

Tema Tulisan tentang : Guru yang Sudah Sertifikasi Wajib di Sekolah 8 Jam

lihat juga


Guru yang Sudah Sertifikasi Wajib di Sekolah 8 Jam

Guru yang Sudah Sertifikasi Wajib di Sekolah 8 Jam
Seluruh guru yang telah mendapatkan pinjaman sertifikasi wajib berada di sekolah minimal 8 jam.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengungkapkan pihaknya tengah menggodok aturan yang mewajibkan guru berada di sekolah minimal 8 jam. Rencananya, aturan berlaku mulai tahun aliran gres 2017. Program ini wajib untuk seluruh guru mulai SD hingga SMA, baik itu pegawai negeri sipil (PNS) maupun swasta/yayasan yang telah mendapatkan pinjaman sertifikasi.

Selama ini, waktu guru di sekolah memang tidak semua menyentuh angka 8 jam. Lama sekolah siswa untuk tingkat SD, SMP, dan SMA/sederajat pun tak sama. Di jenjang SD, siswa dan guru mampu pulang lebih cepat. Biasanya, acara berguru mengajar mulai dilakukan pukul 07.00 dan berakhir pukul 12.00.

Untuk melengkapi kewajiban 8 jam nanti, guru diberikan pilihan lain. Seperti, mengoreksi peran siswa, pembinaan siswa di sekolah dan membuka sesi konsultasi dengan siswa. Bagi sekolah yang masih memberlakukan double shift, Mendikbud menghimbau biar nantinya acara berguru mengajar mampu dijadikan satu di pagi hari.

Baca juga: Reformasi Sekolah Dimulai Pada Tahun Ajaran Baru

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu menjelaskan, siswa yang seharusnya masuk siang mampu diberi bimbingan terlebih dahulu di luar kelas. Lalu, setelahnya bergantian dengan mereka yang menggunakan ruang kelas terlebih dahulu. Atau mampu diisi dengan acara lain, ibarat permainan edukasi dan lainnya.

Mendikbud meyakini, kebijakan ini mampu bermanfaat bagi sekolah. Pihaknya akan melengkapi kebutuhan-kebutuhan sekolah ibarat ruang kelas. Dengan guru yang lebih lama di sekolah, maka akan muncul ide-ide untuk mampu membuat sekolah lebih maju. Selain itu, waktu berguru siswa lebih lama dibawah kendali guru.

”Kalau di luar kan belum tentu belajar. Bisa jadi melaksanakan hal lainnya,” kata Muhadjir yang kutip dari JPNN (22/05/17).

Muhadjir mengaku, ketika ini aturan terus dimatangkan. Diharapkan, aturan gres yang mewajibkan berada di sekolah minimal 8 jam bagi seluruh guru yang telah mendapatkan pinjaman profesi mampu terealisasi pada tahun aliran baru.
Sumber http://www.sekolahdasar.net


loading...

Demikianlah Artikel Guru yang Sudah Sertifikasi Wajib di Sekolah 8 Jam

Demikian artikel kamiGuru yang Sudah Sertifikasi Wajib di Sekolah 8 Jam, Semoga apa yang anda baca bisa berguna dan di manfaatkan untuk semua kalangan dimanapun.

Anda sedang membaca artikel Guru yang Sudah Sertifikasi Wajib di Sekolah 8 Jam Url dari artikel kami adalah https://gratisbuatmumau.blogspot.com/2017/11/guru-yang-sudah-sertifikasi-wajib-di.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
loading...