Cara Merumuskan Indikator Pada K13 Revisi Terbaru

Tema Tulisan tentang : Cara Merumuskan Indikator Pada K13 Revisi Terbaru

lihat juga


Cara Merumuskan Indikator Pada K13 Revisi Terbaru

Dalam merumuskan indikator pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ada kaidah-kaidah yang harus di cermati.
Perumusan indikator pencapaian kompetensi pada Kurikulum 2013 menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang dapat diukur.
Setelah mengalami revisi, perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) pada Kurikulum 2013 (K13) menjadi bab penting. Untuk mencapai titik kompetensi dasar sesuai dengan target guru pada aktivitas mencar ilmu mengajar, maka dibutuhkan indikator pencapaian . Dalam merumuskan indikator pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ada kaidah-kaidah yang harus di cermati.

Menurut Mulyasa (2007:139), indikator yakni perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menyampaikan ketercapaian kompetensi dasar (KD) tertentu yang menjadi pola penilaian mata pelajaran. Fungsi indikator yakni untuk membuatkan materi pembelajaran atau materi ajar, mendesain aktivitas pembelajaran, dan merancang dan melakukan penilaian hasil belajar.

Ketentuan Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi

1. Indikator dirumuskan dari KD

2. Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang dapat diukur

3. Dirumuskan dalam kalimat yang simpel, terperinci dan mudah dipahami.

4. Tidak menggunakan kata yang bermakna ganda

5. Hanya mengandung satu tindakan.

6. Memperhatikan karakteristik mata pelajaran, potensi & kebutuhan penerima didik, sekolah, masyarakat dan lingkungan/daerah.

Untuk indikator dianalisi berdasarkan tingkat aspek UKRK (urgensi, keterkaitan, relevansi, dan keterpakaian) kompetensi pada KD. Benjamin S. Bloom dan kawan-kawannya berpendapat bahwa pengelompokkan tujuan pendidikan itu harus senantiasa mengacu kepada tiga jenis domain yaitu: proses berfikir (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan.

Contoh Rumusan Indikator Sesuai Taksonomi Bloom

Muatan Pelajaran: PKn (Buku Guru Kelas 1, Tema 6, Sub Tema 1, Pembelajaran 1, Hal:3)

KD: 3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dirumah.

Mengidentifikasi = C1 ( Mengingat ) Taksonomi Bloom

Indikator:
3.2.1 Menyebutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.2 Menjelaskan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.3 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Sumber http://www.sekolahdasar.net


loading...

Demikianlah Artikel Cara Merumuskan Indikator Pada K13 Revisi Terbaru

Demikian artikel kamiCara Merumuskan Indikator Pada K13 Revisi Terbaru, Semoga apa yang anda baca bisa berguna dan di manfaatkan untuk semua kalangan dimanapun.

Anda sedang membaca artikel Cara Merumuskan Indikator Pada K13 Revisi Terbaru Url dari artikel kami adalah https://gratisbuatmumau.blogspot.com/2017/12/cara-merumuskan-indikator-pada-k13.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
loading...