Kriteria Guru Tk Paud Yang Ideal
Guru-guru Taman Kanak Kanak / Taman Kanak-kanak selain harus mempunyai modal kerja untuk mendidik penerima didik, juga harus mempunyai kriteria tertentu. Perlunya modal kerja kerja seorang Guru Taman Kanak-kanak idealnya ialah seorang profesional yang terdidik dan terlatih dengan baik, serta mempunyai pengalaman yang kaya dibidangnya. Pengertian terdidik disini ialah mereka yang mempunyai bekal pendidikan formal. Idealnya Guru Taman Kanak-kanak mempunyai kualifikasi akademik minimal berpendidikan Strata 1 (S1) dalam bidang apapun. Namun tak berarti mereka yang berpendidikan setingkat SLTP ataupun SLTA dihentikan mengajar penerima didik Taman Kanak-kanak sebab intinya yang dibutuhkan seorang Guru Taman Kanak-kanak ialah kemampuan nya yang setingkat sarjana Strata 1 bukan dilihat dari Ijazahnya.
Memang faktanya sebagian besar Guru Pendidikan Anak Usia Dini / PAUD termasuk didalamnya Guru Taman Kanak-kanak belum sarjana. Berdasarkan data yang diungkapkan oleh Direktur Pembinaan PAUD Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kemdikbud RI ibu Ella Yalaelawati menyerupai di kutip halaman beritasatu.com bahwa jumlah Tenaga Kependidikan PAUD ketika ini sebanyak 588.475 orang.
Dari jumlah tersebut sebanyak 22.972 orang berlatar belakang pendidikan SLTP dan 289.762 berpendidikan SLTA. Kemudian lulusan akademik Diploma sebanyak 75.678 orang dan berpendidikan Strata 1 / S1 sebanyak 196.181 orang selanjutnya Guru dan Tenaga Kependidikan lulusan Strata 2 / S2 terdapat 3.882 orang.
Kriteria lain yaitu terlatih dengan baik, Guru Taman Kanak-kanak haruslah seorang guru yang menguasai teknik mendidik, mempunyai pengetahuan perihal cara-cara mendidik maupun menciptakan rancangan aktivitas (Mingguan dan Harian) dan bisa mengorganisasikan kelas. Dan juga mengetahui cara menghadapi banyak sekali macam permasalahan anak mulai dari perkelahian antar anak hingga dengan menggiatkan kelompok belajar.
Guru-guru Taman Kanak-kanak pasti membutuhkan pelatihan-pelatihan untuk bisa mendidik belum dewasa usia TK. Pelatihan-pelatihan ini menyangkut penguasaan kurikulum, pengetahuan perihal kompetensi dasar yang mesti dibekalkan ke anak didik. Metode-metode yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan kurikulum dan lain-lain. Pelatihan yang paling dibutuhkan tentu saja bahan bermain sebagai metode untuk penanaman nilai-nilai yang dibutuhkan disemaikan dalam jiwa belum dewasa TK.
Kriterai lain pengalaman yang kaya dibidangnya. Mereka yang sudah usang menjadi guru Taman Kanak-kanak pasti akan lebih lihai dalam menghadapi anak penerima didik yang masih berusia dini ini dibanding para Guru pemula. Bagaimana cara menangani anak yang pemberontak, perengek, pengganggu dan lain-lain ? Pengalaman yang panjang sebab itu dibutuhkan dalam meningkatkan Kompetensi Guru Taman Kanak-kanak untuk menjalankan tugasnya.
Selanjutnya krteria kecintaan yang nrimo pada anak, berminta pada perkembangan anak, bersedia menyebarkan potensi yang dimiliki anak, hangat dalam bersikap dan bersedia bermain dengan anak. Kata kuncinya disini ialah menyayangi anak, kalau rasa cinta pada belum dewasa sudah muncul didalam hatinya maka sikap-sikap berikutnya akan mengikut menyerupai memperhatikan, memedulikan, bersimpati, berempati, perilaku hangat dan seterusnya.
Guru Taman Kanak-kanak ialah Guru yang konsisten sekaligus luwes dan licah dalam menghadapi kebutuhan minat dan kemampuan anak.
Kriteria Guru yang Ideal Belum Tentu Dapat Dipenuhi oleh Seorang Guru Taman Kanak-kanak Namun yang Penting ialah Usaha Kearah Itu.
Referensi : //Anggun.PAUD.Kemdikbud//Nugroho, Aktifis Pendidikan
loading...
Demikianlah Artikel Kriteria Guru Tk Paud Yang Ideal
Demikian artikel kamiKriteria Guru Tk Paud Yang Ideal, Semoga apa yang anda baca bisa berguna dan di manfaatkan untuk semua kalangan dimanapun.