Materi 4 Model Pembelajaran Kurikulum 2013 (Ppt)
Model pembelajaran ialah kerangka konseptual yang dipakai sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran yang disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan mencar ilmu yang menyangkut sintaksis, sistem sosial, prinsip reaksi dan sistem pendukung (Joice&Wells). Sedangkan berdasarkan Arends dalam Trianto, menyampaikan “model pembelajaran ialah suatu perencanaan atau suatu contoh yang dipakai sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas.Tujuan penggunaan model pembelajaran sebagai taktik bagaimana pembelajaran yang dilaksanakan sanggup membantu akseptor didik berbagi dirinya baik berupa informasi, gagasan, keterampilan nilai dan cara-cara berpikir dalam meningkatkan kapasitas berpikir secara jernih, bijaksana dan membangun keterampilan sosial serta komitmen.
Model pembelajaran memiliki empat ciri khusus yaitu:
- Rasional teoretis logis yang disusun oleh para pencipta atau pengembangnya.
- Landasan pemikiran wacana apa dan bagaimana siswa mencar ilmu (tujuan pembelajaran yang akan dicapai).
- Tingkah laris mengajar yang diharapkan biar model tersebut sanggup dilaksanakan dengan berhasil.
- Lingkungan mencar ilmu yang diharapkan biar tujuan pembelajaran itu sanggup tercapai.
Memilih atau memilih model pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kondisi Kompetensi Dasar (KD), tujuan yang akan dicapai dalam pengajaran, sifat dari bahan yang akan diajarkan, dantingkat kemampuan akseptor didik. Di samping itu, setiap model pembelajaran memiliki tahap-tahap (sintaks) yang sanggup dilakukan siswa dengan bimbingan guru. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik sebagaimana yang diterapkan pada kurikulum 2013, sebaiknya dipadukan secara sinkron dengan langkah/tahapan kerja (syntax) model pembelajaran.
Tidak semua model pembelajaran sempurna dipakai untuk semua KD/materi pembelajaran. Model pembelajaran tertentu hanya sempurna dipakai untuk bahan pembelajaran tertentu. Sebaliknya bahan pembelajaran tertentu akan sanggup berhasil maksimal jikalau memakai model pembelajaran tertentu. Oleh akhirnya guru harus menganalisis rumusan pernyataan setiap KD, apakah cenderung pada pembelajaran penyingkapan (Discovery/Inquiry Learning) atau pada pembelajaran hasil karya (Problem Based Learning dan Project Based Learning).
Untuk memudahkan bapak/ibu guru, guna menciptakan model pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 berikut Materi 4 Model Pembelajaran Kurikulum 2013 dalam format power point dan docx sebagai panduan.
Pendekatan Saintifik (PPT)
Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek (PPT)
Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PPT)
Strategi Pembelajaran Discovery (PPT)
Strategi Pembelajaran Inquiri (PPT)
Link download Komplit satu folder Materi 4 Model Pembelajaran Kurikulum 2013 PPT dan DOC
loading...
Demikianlah Artikel Materi 4 Model Pembelajaran Kurikulum 2013 (Ppt)
Demikian artikel kamiMateri 4 Model Pembelajaran Kurikulum 2013 (Ppt), Semoga apa yang anda baca bisa berguna dan di manfaatkan untuk semua kalangan dimanapun.