Troubleshooting Instalasi Aplikasi Dapodikdasmen V.2018 Dan Tarik Akseptor Didik
Pertanyaan: Saat melaksanakan sinkronisasi Aplikasi Dapodikdasmen V.2018, muncul pesan “koneksi internet lambat” padahal koneksi internet yang dipakai sekolah sudah cukup memadai ?
Jawaban: Tahap pertama lakukan pergantian koneksi internet misal dari Provider A ke Provider B, bila tahapan ini sudah dilakukan masih belum berhasil melaksanakan sinkronisasi. Maka coba tambahkan Add On pada Web browser anda security kiss atau Add On yang sejenis.
Pertanyaan: Aplikasi dapodikdasmen V.2018 sudah terinstall sesuai dengan tahapan yang benar, namun dikala dijalankan tidak sanggup dibuka dengan keterangan we are sorry, but someting went terrbily wrong. Apa yang harus dilakukan ?
Jawaban: langkah yang harus dilakukan yaitu dengan melaksanakan pengecekan service database dapodikdasmen. Langkah pengecakan service database:
- Klik start - klik run - service.msc, cek service dapodikdb (klik start ), bila dapodikdb running silahkan buka login aplikasinya.
- Jika cara no. 1 belum juga sanggup running dapodikdbnya, silahkan buka kegiatan file - dapodik. -database ( pastikan file berjumlah 18 file didalam folder database nya ), biasanya ada file yg corrupt atau hilang.
Pertanyaan: pada dikala validasi data sarpras tertulis data periodik sarana jenis (-) yg berada di dalam Prasarana dengan nama Kelas (-) untuk periode Ganjil / 2017 belum diisi. Padahal di aplikasi sudah diisi.
Jawaban :
- Pastikan data periodik sudah terisi dengan benar dan sukses tersimpan.
- Pastikan tidak ada data sarana di hidangan Sarana telah Hapus Buku yg dihapus tanpa mengisi data periodik.
Pertanyaan: Bagi Peserta Didik Kleas X, apakah diisikan secara manual atau memanfaatkan fitur Tarik Peserta Didik?
Jawaban : Pengisian Peserta Didik gres lebih efektif memanfaatkan tarik PD dengan melihat kevalidan datanya (nama PD, TTL, NISN, dan nama ibu) , bila data valid lanjut tarik PD. Jika data tidak valid dengan adanya kesalahan perbaiki datanya melalui vervalpd. Hal ini penting dilakukan biar ada kesinambungan data siswa dari jenjang sebelumnya. Kecuali penerima ajar dari MI/MTs harus diisikan secara manual.
Pertanyaan : Apa yang harus dilakukan bila sudah melaksanakan konfirmasi tarik Peserta Didik, namun belum juga turun ke aplikasi Lokal? apakah harus melaksanakan entri manual juga?
Jawaban: Jika sudah melaksanakan tarik Peserta Didik, tidak diperbolehkan melaksanakan entri manual yang berakibat data ganda. Jika terpaksa harus entri manual dikarenakan blm masuk ke aplikasi lebih baik batalkan tarik Peserta Didik terlebih dahulu dengan syarat masih tampil datanya
Pertanyaan: Bagaimana solusi bila pada dikala Tarik PD terdapat data yang hilang atau tidak masuk ke dalam aplikasi ?
Jawaban: Tarik Peserta Didik lebih baik sedikit demi sedikit, untuk menghindari data yang hilang selama syncronisasi yang kemungkinan dikarenakan jaringan yang tidak stabil. Sebelum syncronisasi jangan lupa Klik tombol Konfirmasi terlebih dahulu. Tips nya yaitu sehabis tarik Peserta Didik lakukan sync, jangan mengumpulkan hasil tarik Peserta Didik terlalu banyak tapi lakukan sync sehabis tarik secara bertahap.
Kontributor :
Sumber :
Sumber http://timdapodik.blogspot.com/
loading...
Demikianlah Artikel Troubleshooting Instalasi Aplikasi Dapodikdasmen V.2018 Dan Tarik Akseptor Didik
Demikian artikel kamiTroubleshooting Instalasi Aplikasi Dapodikdasmen V.2018 Dan Tarik Akseptor Didik, Semoga apa yang anda baca bisa berguna dan di manfaatkan untuk semua kalangan dimanapun.