Cara Mencari NISN Siswa Secara Online Di Internet Tahun Pelajaran 2015/2016

Tema Tulisan tentang : Cara Mencari NISN Siswa Secara Online Di Internet Tahun Pelajaran 2015/2016

lihat juga


Cara Mencari NISN Siswa Secara Online Di Internet Tahun Pelajaran 2015/2016


Penjelasan singkat berkaitan NISN (No. Induk Peserta Didik Nasional) berdasarkan website resmi http : //nisn.data.kemdikbud.go.id bahwasannya NISN yakni pelayanan system pengelolaan nomer induk peserta didik dengan cara nasional yg dikelola oleh Pusat Data & Statistik Kemdiknas juga sebagai bidang dari acara Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional.

Pelayanan NISN mengaplikasikan system komputerisasi yg terpusat & online utk pengelolaan No. induk peserta didik skala nasional cocok Standar Pengkodean yg sudah ditentukan. Tiap-tiap peserta didik yg tertulis kepada Pelayanan NISN bakal dikasih kode pengenal identitas peserta didik yg bersifat unik, standar & berlaku sepanjang musim yg membedakan satu peserta didik dgn peserta didik yang lain di semua sekolah Se-Indonesia.

Mekanisme penentuan & pemberian kode pengenal identitas peserta didik tersebut prosesnya dilakukan dengan cara automatis oleh mesin computer kepada Pusat Pelayanan NISN. Penentuan & pemberian kode pengenal identitas peserta didik tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data peserta didik yg sudah divalidasi/diverifikasi oleh tiap-tiap sekolah & atau Lembaga Pendidikan Kota/Kabupaten dengan cara online.. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat System NISN tersebut ditampilkan dengan cara terbuka dalam batasan tertentu lewat web NISN (http : //nisn.data.kemdiknas.go.id./).

Maksud & Manfaat dari NISN :

1. Mengidentifikasi tiap-tiap individu peserta didik(peserta didik) di seluruhnya sekolah Se-Indonesia dengan cara standar, tetap & berkesinambungan.
2. Yang Merupakan pusat pelayanan system pengelolaan No. induk peserta didik dengan cara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Lembaga Pendidikan Daerah sampai Sekolah yg bersifat standar, terpadu & akuntabel berbasis Tehnologi Berita & Komunikasi teranyar.
3. Sbg system supporter acara Dapodik dalam pengembangan & aplikasi program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan & acara pendidikan yang lain baik di tingkat pusat, provinsi, kota, Kab sampai sekolah, seperti : BOS (Pertolongan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data & Kabar Pendidikan, System Info Manajemen Sekolah sampai Beasiswa.

Seterusnya, utk mencari / menemukan NISN baik oleh siswa / peserta didik maupun oleh orangtua / wali peserta didik merupakan sbg berikut : 
1.   Silahkan kunjungi link berikut.

2.   Jika NISN belum diketahui, silahkan klik pada tab “Pencarian Berdasarkan Nama”.

3.   Setelah tampil halaman baru, silahkan isi pada kolom “Siswa”, “Tempat Lahir”, dan “Tanggal Lahir” dengan benar dan lengkap sesuai dengan Akta Lahir / Ijazah / SKHUS / SKHUN peserta didik bersangkutan. Dan sama persis termasuk ejaan, titik dan koma (jika ada) sesuai dengan data peserta didik yang tercantum pada akta lahir, ijazah, ataupun SKHU-nya. Untuk format tanggal lahir adalah : Tgl/Bln/Thn, contoh : lahir pada tanggal 13 September 1998, maka diinput “13/09/1998”.

4.    Kemudian klik pada tombol “Cari”.

5.   Jika tidak ada data yang tampil (no record to display), silahkan ulangi kembali langkah pada nomor 3 di atas, dan jika memang dirasa telah entry data dengan benar sesuai dokumen fisik peserta didik yang ada ternyata tetap tidak muncul, silahkan hubungi “Operator Sekolah” Anda untuk dilakukan verifikasi maupun validasi terkait NISN siswa bersangkutan.

6.   Jika benar dan ternyata anak tersebut telah memiliki NISN yang valid, maka akan muncul tampilan data siswa, mulai dari NISN, Nama Lengkap Siswa, Jenis Kelamin (1 = Laki-laki, 2 = Perempuan), Tempat Lahir, dan juga Tanggal Lahir.

7.   Untuk melihat info siswa secara lengkap, silahkan klik pada tab “Pencarian Berdasarkan NISN”, lalu masukkan NISN (harus 10 digit angka), lalu klik pada tombol “Cari”.

8.   Setelah itu akan muncul “Info Siswa” secara lengkap seperti screen shoot di bawah ini :





loading...

Demikianlah Artikel Cara Mencari NISN Siswa Secara Online Di Internet Tahun Pelajaran 2015/2016

Demikian artikel kamiCara Mencari NISN Siswa Secara Online Di Internet Tahun Pelajaran 2015/2016, Semoga apa yang anda baca bisa berguna dan di manfaatkan untuk semua kalangan dimanapun.

Anda sedang membaca artikel Cara Mencari NISN Siswa Secara Online Di Internet Tahun Pelajaran 2015/2016 Url dari artikel kami adalah http://gratisbuatmumau.blogspot.com/2015/08/cara-mencari-nisn-siswa-secara-online_28.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
loading...