Pengelolaan Administrasi Keuangan

Tema Tulisan tentang : Pengelolaan Administrasi Keuangan

lihat juga


Pengelolaan Administrasi Keuangan

Administrasi sebagai suatu acara bersama yang terdapat disetiap perusahaan yang harus dilakukan oleh seorang wirausaha yang ingin berhasil di dalam mengelola usahanya. Keuangan merupakan faktor penting dalam keberhasilan dan pendukung dalam menggiatkan usaha atau bisnis. Keuangan digunakan untuk modal operasional perusahaan, baik untuk produksi, membeli materi baku, promosi dan pemasaran, penjualan maupun tenaga kerja.

Administrasi

Fungsi keuangan dalam bisnis menitikberatkan kepada upaya menjaga sirkulasi arus uang didalam acara usaha supaya tetap stabil. Seorang pengusaha usaha perlu mengadministrasikan keuangan perusahaan antara lain sebagai berikut.

  1. Menerima, menyiapkan uang, serta melakukan administrasinya.
  2. Menyiapkan bukti-bukti yang lengkap mengenai penerimaan dari pengeluaran keuangan sesuai dengan peraturan.
  3. Menyusun laporan kas.
  4. Meneliti kelengkapan dan kebenaran bukti-bukti pembukuan keuangan.
  5. Menata dan mengatur manajemen keuangan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
  6. Menyimpan dan memelihara semua dokumen pembukuan secara teratur.
  7. Menyiapkan serta menata keuangan berupa neraca penghitungan laba atau rugi lengkap dengan penjelasan atau lampirannya.

Dalam pengadministrasian keuangan perusahaan selalu berafiliasi dengan catatan-catatan baik setiap ada acara jual beli atau penerimaan maupun pengeluaran uang. Catatan yang sering digunakan dalam perusahaan yaitu sebagai berikut.
  1. Buku Jurnal, terdiri dari sebagai berikut:
    I. Jurnal penjualan, digunakan untuk mencatat penjualan produk secara kredit.
    II. Jurnal pembelian, digunakan untuk mencatat pembelian produk secara kredit.
    III. Jurnal penerimaan kas, digunakan untuk mencatat penerimaan uang kas.
    IV. Jurnal pengeluaran kas, digunakan untuk mencatat pengeluaran uang kas.
    V. Jurnal umum, digunakan untuk mencatat semua transaksi yang belum tercakup kedalam keempat jurnal tersebut.
  2. Buku besar, digunakan untuk mencatat perubahan harta, utang modal, pendapatan, dan beban.
  3. Buku piutang, digunakan untuk mencatat piutang-piutang dagang.
  4. Buku utang, digunakan untuk mencatat utang-utang perusahaan.


Demikian artikel kali ini, biar artikel wacana Pengelolaan Administrasi Keuangan ini mampu bermanfaat bagi semua orang.

Sumber http://materiku86.blogspot.com/


loading...

Demikianlah Artikel Pengelolaan Administrasi Keuangan

Demikian artikel kamiPengelolaan Administrasi Keuangan, Semoga apa yang anda baca bisa berguna dan di manfaatkan untuk semua kalangan dimanapun.

Anda sedang membaca artikel Pengelolaan Administrasi Keuangan Url dari artikel kami adalah https://gratisbuatmumau.blogspot.com/2016/07/pengelolaan-administrasi-keuangan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
loading...