Terbaru Pemikiran Bimtek Dan Prosedur Pelaksanaan Pendampingan Kurikulum 2013

Tema Tulisan tentang : Terbaru Pemikiran Bimtek Dan Prosedur Pelaksanaan Pendampingan Kurikulum 2013

lihat juga


Terbaru Pemikiran Bimtek Dan Prosedur Pelaksanaan Pendampingan Kurikulum 2013

Pedoman Bimtek dan Mekanisme Pelaksanaan Pendampingan Kurikulum  Terbaru  Pedoman Bimtek dan Mekanisme Pelaksanaan Pendampingan Kurikulum 2013


Berikut ini adalah Pedoman Bimtek dan Mekanisme Pelaksanaan Pendampingan Kurikulum 2013 di sekolah. 

Pendampingan pelaksanaan kurikulum adalah pemberian pemberian teknis operasional perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pelaksanaan kurikulum kepada sekolah (terutama guru dan kepala sekolah) yang diberikan oleh Instruktur Kabupaten/Kota.

Tujuan pendampingan : 
  • Sasaran utama pendampingan ialah guru mata pelajaran dan kepala sekolah. Bagi guru, tujuan utamanya ialah bahwa guru meningkat keterampilan operasionalnya dalam: menyusun RPP;
  • menyusun instrumen penilaian;
  • melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, problem-based learning, project-based learning, dan discovery learning dengan integrasi penumbuhan kecerdikan pekerti;
  • melaksanakan penilaian dan mengelola hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan; dan
  • menyelesaikan hambatan-hambatan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian.

Sementara itu, bagi kepala sekolah, diperlukan mereka meningkat keterampilan praktiknya dalam:
a. membuat ekosistem pendidikan yang kondusif;
b. mengelola pelaksanaan kurikulum;
c. mengelola pemenuhan Standar Nasional Pendidikan untuk mendukung pelaksanaan kurikulum; dan
d. menuntaskan hambatan-hambatan pengelolaan pelaksanaan Kurikulum 2013.

Prinsip-prinsip pendampingan
Pendampingan pelaksanaan kurikulum diberikan oleh Instruktur Kabupaten/Kota dengan prinsip-prinsip berikut:
  • Profesional, yaitu pelatih mempunyai kompetensi (penguasaan mengenai pelaksanaan kurikulum) yang memadai dan menawarkan pendampingan dengan baik;
  • Berdasarkan kebutuhan, yaitu aspek-aspek pendampingan ialah butirbutir yang guru atau kepala sekolah secara riil perlu memperoleh asistensi praktis;
  • Integral, yaitu aspek-aspek dan acara pendampingan memfasilitasi guru dan kepala sekolah mengimplementasikan K13 secara utuh;
  • Kolegial, yaitu kekerabatan kesejawatan antara instruktur, guru, dan kepala sekolah; dan
  • Berkelanjutan, yaitu bahwa pendampingan pelaksanaan kurikulum dilanjutkan oleh sekolah sendiri melalui prosedur yang dikembangkannya.

Pelaksanaan Pendampingan
Alur pelaksanaan pendampingan Kurikulum 2013 Tahun 2017

Sebagaimana disebutkan di depan, pendampingan pelaksanaan kurikulum ialah pemberian pemberian teknis operasional perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pelaksanaan kurikulum kepada sekolah, terutama guru dan kepala sekolah dengan Instruktur Kabupaten/Kota tiba eksklusif ke sekolah. Bantuan teknis operasional ini diberikan pada bab selesai dari serangkaian kegiatan fasilitasi pelaksanaan kurikulum oleh pemerintah. Pendampingan diberikan sehabis sekolah sasaran memperoleh bimbingan teknis kurikulum dan (mulai) melaksanakannya.

Selengkapnya perihal Mekanisme Pelaksanaan Pendampingan Kurikulum 2013 silahkan download Pedoman Bimtek dan Mekanisme Pelaksanaan Pendampingan Kurikulum 2013 Disini

Sumber http://www.pgrionline.com/


loading...

Demikianlah Artikel Terbaru Pemikiran Bimtek Dan Prosedur Pelaksanaan Pendampingan Kurikulum 2013

Demikian artikel kamiTerbaru Pemikiran Bimtek Dan Prosedur Pelaksanaan Pendampingan Kurikulum 2013, Semoga apa yang anda baca bisa berguna dan di manfaatkan untuk semua kalangan dimanapun.

Anda sedang membaca artikel Terbaru Pemikiran Bimtek Dan Prosedur Pelaksanaan Pendampingan Kurikulum 2013 Url dari artikel kami adalah https://gratisbuatmumau.blogspot.com/2017/07/terbaru-pemikiran-bimtek-dan-prosedur.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
loading...