Guru Diminta Membiasakan Anak Hadapi Perbedaan

Tema Tulisan tentang : Guru Diminta Membiasakan Anak Hadapi Perbedaan

lihat juga


Guru Diminta Membiasakan Anak Hadapi Perbedaan

Guru Diminta Membiasakan Anak Hadapi Perbedaan
Guru mampu melatih toleransi berangkat dari hal sederhana, yakni gagasan menjawab soal.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta guru membiasakan anak berhadapan dengan perbedaan. Hal tersebut untuk melatih anak memiliki toleransi. Salah satu upayanya, yakni tidak mendikte anak dengan kebenaran mutlak dalam menjawab soal.

"Tirani satu jawaban, itu membiasakan anak kita tak biasa berhadapan dengan perbedaan gagasan," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembanga (Balitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno yang kutip dari laman Republika (23/05/17).

Selama ini, tirani satu balasan membuat guru tidak melatih bawah umur dengan perbedaan pendapat dan pemikiran. Padahal, menurutnya, keberagaman menjawab soal akan melatih anak dengan berbedaan gagasan, toleran. Namun, tetap menghormati pandangan orang lain.

"Kalau belum, maka pendidikan kita belum memerdekakan pikiran," kata Totok dalam Seminar Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta.

Untuk mengajarkan menghargai perbedaan pada anak, guru tidak perlu berangkat dengan gosip agama, ras. Menurutnya, guru mampu melatih toleransi berangkat dari hal sederhana, yakni gagasan menjawab soal.

Baca: Guru Harus Beri Teladan Untuk Hargai Keberagaman

Menurut Totok, toleransi ialah saat seseorang tidak oke dengan pandangan yang lain, tetapi tetap mempertahankan pandangannya. Namun, orang tersebut harus menjelaskan pada orang lain atas pandangannya dan keyakinananya.

"Hal ini perlu diajarkan, memerdekakan pikiran buat anak kreatif dan toleran, miliki sikap dan abjad mulia," jelasnya.
Sumber http://www.sekolahdasar.net


loading...

Demikianlah Artikel Guru Diminta Membiasakan Anak Hadapi Perbedaan

Demikian artikel kamiGuru Diminta Membiasakan Anak Hadapi Perbedaan, Semoga apa yang anda baca bisa berguna dan di manfaatkan untuk semua kalangan dimanapun.

Anda sedang membaca artikel Guru Diminta Membiasakan Anak Hadapi Perbedaan Url dari artikel kami adalah https://gratisbuatmumau.blogspot.com/2017/11/guru-diminta-membiasakan-anak-hadapi.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
loading...