Mendikbud Kembali Ingatkan Guru SD Harus Kreatif

Tema Tulisan tentang : Mendikbud Kembali Ingatkan Guru SD Harus Kreatif

lihat juga


Mendikbud Kembali Ingatkan Guru SD Harus Kreatif

Kegiatan mencar ilmu yang menyenangkan sekaligus mendidik
Guru harus lebih berperan sebagai motivator, inspirator dan katalisator untuk memancing kreativitas siswa.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan guru harus kreatif membuatkan metode untuk membangkitkan aktivitas, minat, dan semangat siswa untuk belajar. Ini terkait sistem pendidikan di tingkat Sekolah Dasar (SD) akan mengalami perubahan cukup drastis.

Mulai tahun anutan 2017/2018 mendatang, guru dan siswa SD wajib berada di sekolah selama 8 jam per hari, namun sistem asuh tidak boleh lagi semata-mata diisi dengan pertolongan mata pelajaran di ruang kelas. Dengan perubahan porsi kegiatan mencar ilmu ini, Mendikbud meminta semoga para guru SD bisa melaksanakan penyesuaian.

"Dengan adanya perubahan ini, guru tidak boleh lagi terlalu banyak ceramah di kelas. Namun guru harus lebih berperan sebagai motivator, inspirator dan katalisator untuk memancing kreativitas siswa," kata Mendikbud yang kutip dari Republika (29/04/17).

Para guru SD harus bisa mengubah kegiatan mencar ilmu di sekolahnya menjadi kegiatan mencar ilmu yang menyenangkan sekaligus mendidik. Bukan lagi diisi kegiatan pendidikan yang membuat siswa SD menjadi penat alasannya dijejali kegiatan ceramah di depan kelas. Menurutnya bila pelajaran banyak gurunya yang ceramah yang bakir gurunya bukan siswanya.

Baca juga: Beginilah Cara Jepang Memperlakukan Guru

"Di Jepang, banyak belum dewasa yang bahkan tidak mau pulang ke rumah alasannya di sekolah sudah merasa nyaman. Ini yang akan sedang kita dorong," kata mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.
Sumber http://www.sekolahdasar.net


loading...

Demikianlah Artikel Mendikbud Kembali Ingatkan Guru SD Harus Kreatif

Demikian artikel kamiMendikbud Kembali Ingatkan Guru SD Harus Kreatif, Semoga apa yang anda baca bisa berguna dan di manfaatkan untuk semua kalangan dimanapun.

Anda sedang membaca artikel Mendikbud Kembali Ingatkan Guru SD Harus Kreatif Url dari artikel kami adalah https://gratisbuatmumau.blogspot.com/2017/12/mendikbud-kembali-ingatkan-guru-sd.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
loading...